Prames123’s Weblog

TUTORIAL EXCEL 2

Posted on: February 8, 2009

Memberi Password File Aplikasi dengan Empathy Published Date December 7, 2008 by maseko empathy Empathy merupakan tool yang dapat digunakan untuk memproteksi dari penggunaan file aplikasi berekstensi .exe dari penggunaan yang tidak diinginkan. Proteksi di sini adalah dengan jalan memberi password file aplikasi tersebut, dan password yang diset tersebut akan diminta ketika akan dijalankan. Cara ini dapat dimanfaatkan ketika misalnya ada aplikasi yang pada dasarnya dapat digunakan siapa saja ketika komputer terbuka, namun kemudian kita ingin membatasi aplikasi tersebut. Namun sayangnya, tidak semua file apliaksi akan dapat diberi password dengan Empathy ini. empathy previewUntuk memberi password file aplikasi yang diinginkan, kita jalankan Empathy yang merupakan portable application ini. Pilih file .exe dari aplikasi tersebut, atur password yang akan diberikan dan klik tombol Protect. Selain untuk memproteksi, pada Empathy sendiri juga ada fasilitas Unprotect, yang dapat digunakan untuk menghilangkan permintaan password yang diberikan sebelumnya. Empathy, pada dasarnya dapat digunakan tanpa batasan waktu, namun karena sifatnya postcardware, ada pembatasan jika digunakan tanpa registrasi yaitu password yang dapat diberikan untuk aplikasi hanya 1 karakter. Jika memang ingin menggunakan secara penuh, maka kirimlah sebuah postcard atau kartu pos fisik ke pembuatnya, jangan lupa sertakan pula nama dan alamat email, karena nantinya unlocking code akan dikirimkan melalui alamat email ini. Tidak Semua File Aplikasi dapat Diberi Password Ketika saya mencoba Empathy ini, ada dua kemungkinan bahwa tidak semua file aplikasi dapat diberi password dengan Empathy ini. Kemungkinan pertama, file memang tidak dapat diproses untuk diberi password, dan yang kedua, file dapat diproses untuk diberi password namun kemudian file tidak dapat dijalankan. Beberapa apliaksi memang akan menyertakan proteksi untuk filenya sendiri, misalnya dia akan mengecek besar filenya atau checksum agar dapat dijalankan, sementara cara kerja Empathy ini adalah melakukan perubahan file .exe dari aplikasi yang dituju. Untuk menghindari kemungkinan tidak bekerjanya Empathy ini, pastikan pada saat proses di atas pilih Create a backup before processing, jadi jika nantinya aplikasi yang diberi password tersebut tidak dapat berjalan, kita dapat mengembalikan ke keadaan semula dengan mengganti file .exe.bak yang dibuat ke file .exe semula.

Membuat Aplikasi Database Sederhana dengan Zoho Creator

Published Date January 30, 2008 by maseko

zoho-creator Setelah sekian lama keberadaannya, baru kali ini saya mencoba menggunakan Zoho Creator. Zoho Creator merupakan layanan online untuk membuat aplikasi sederhana dengan dukungan form dan database seperti halnya Microsoft Access. Di sini kita dapat membuat aplikasi online yang memungkinkan pengunjung website memasukkan data dengan form isian yang dapat kita desain sendiri yang memuat apa-apa yang perlu diisikan, misalnya saja aplikasi contact form atau feedback form dalam website. Aplikasi yang kita buat dapat pula kita tujukan secara terbatas misalnya hanya untuk teman atau kerabat kita.

Untuk membuat suatu aplikasi dengan Zoho Creator, kita dapat memulainya dari data-data yang sudah ada misalnya dengan menyalin dari file Excel (.xls) atau file .csv. Zoho Creator menyediakan pula template aplikasi yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika menginginkan untuk memulai dari awal, untuk sekedar membuat aplikasi sederhana rasanya tidak terlalu sulit, kita hanya melakukan ‘drag and drop’ jenis field yang diinginkan, kemudian mengedit label dan properties lainnya.

zoho-creator-form

Untuk pengguna tingkat lanjut, dapat pula memanfaatkan fasilitas scripting yang menggunakan Deluge Script. Ini seperti fasilitas VBA untuk program Microsoft Access.

Form aplikasi yang dibuat dapat kita atur lebih lanjut misalnya agar mengirim notifikasi melalui email dan juga hak akses terhadap aplikasi ini. Jika memang aplikasi akan ditampilkan melalui web atau blog maka kita perlu menentukan hak akses kepada public. Berikut ini merupakan contoh form feedback yang saya buat dan seperti inilah ketika ditampilkan dalam halaman web.

Misalnya Anda telah mengisikan data melalui form isian tersebut, maka saya dapat melihat data tersebut melalui berbagai tampilan yang memungkinkan (list, spreadsheet, summary, calendar atau chart).

zoho-creator-view Data-data yang masuk tersebut, kemudian dapat di-export ke berbagai format seperti PDF, HTML, CSV, dan beberapa format lainnya.

Mengatur Posisi Nomor Halaman Yang Berbeda pada OpenOffice.org Writer

Published Date January 16, 2007 by maseko

nomor-halaman

Dalam suatu kesempatan, mungkin kita dituntut mengikuti suatu aturan penulisan, yang diantaranya tentang pengaturan posisi nomor halaman. Misalnya saja, pada halaman yang berisi judul bab, nomor halaman diletakkan pada bagian bawah-tengah , sedangkan pada halaman lain, nomor halaman diletakkan pada bagian atas-kanan. Ini yang akan dijadikan contoh, mungkin yang dihadapi berbeda dan tidak terbatas pada penomoran halaman.

Untuk menyelesaikan masalah pengaturan posisi nomor halaman pada OpenOffice.org Writer tersebut, kita akan menggunakan fasilitas Styles and Formatting yang ada. Langsung saja kita siapkan dokumen sudah ada atau kita buat yang baru.

page-stylesBuka menu FormatStyles and Formatting atau dengan menekan tombol [F11]. Akan terbuka jendela mini seperti pada gambar di samping. Klik pada icon Page Styles, yaitu icon ke-4 dari kiri. Di sini sudah nampak daftar page styles yang sudah ada. Bisa saja kita memanfaatkan page styles yang sudah ada, namun kali ini kita akan membuat page styles baru. Untuk itu klik kanan pada area kosong pada jendela tersebut dan pilih New…

Pada kotak dialog yang muncul inilah kita akan membuat page styles untuk halaman isi terlebih dahulu, yaitu halaman yang bukan berisi judul bab dan halaman ini kita jadikan default karena style yang akan digunakan paling banyak diterapkan pada halaman-halaman dokumen kita. Pada tab Organizer, kita beri nama style kita, misalnya HalamanIsi, dan pada input Next Style kita isi nama yang sama yaitu HalamanIsi. Selanjutnya kita klik tab Header dan beri centang pada Header on. Selanjutnya klik OK.

page-styles-dialog

Pada jendela Styles and Formatting, klik ganda pada style HalamanIsi yang baru saja dibuat. Maka pada dokumen akan muncul bagian header. Tempatkan pada bagian header dengan rata kanan nomor halamannya dengan InsertFieldsPage number.

Kembali ke jendela Styles and Formatting, kita buat lagi style baru dengan cara seperti di atas dan beri nama HalamanJudul, hanya saja pada bagian Next Style isikan dengan HalamanIsi. Pada tab Footer, beri centang pada Footer on. Selanjutnya klik OK.

manual-breakJika kita klik ganda style HalamanJudul, maka pada dokumen hanya berpengaruh pada halaman 1 saja. Masukan page number pada bagian footer dengan rata tengah. Untuk mengaplikasikan pada halaman judul bab selanjutnya, misalnya bab 2, tempatkan kursor pada akhir bab 1 kemudian pilih InsertManual Break… dan pilih Page break. Pada bagian Style pilihlah HalamanJudul. Hasilnya, halaman berikutnya mempunyai style seperti pada halaman 1 dengan nomor halaman pada bagian bawah-tengah. Bisa jadi kita memerlukan penyesuaian untuk menempatkan judul bab 2 berada pada posisi yang sesuai. Lakukan hal yang sama untuk bab-bab selanjutnya.

Membuang Hyperlink pada Microsoft Excel

Published Date December 3, 2005 by maseko

Kadangkala, saya harus menyalin tabel HTML dan menempelkannya di worksheet Microsoft Excel. Banyak data-data yang ada dalam tabel tersebut mengandung hyperlink dimana pada proses selanjutnya di MS Excel, hyperlink-hyperlink tersebut tidak diperlukan lagi. Seringkali malah menambah kerepotan saja. Ketika memilih cell yang mengandung hyperlink tersebut dengan menggunakan mouse, yang terjadi adalah terbukanya browser yang mengakses URL yang terkandung dalam hyperlink tersebut. Yang saya lakukan kemudian adalah membuang hyperlink di setiap cell.

Remove Hyperlink

MS Excel mempunyai fitur untuk membuang hyperlink yang terdapat pada suatu cell. Caranya dengan mengklik kanan cell tersebut dan pilih Remove Hyperlink. Kita harus mengulangi langkah yang sama untuk tiap-tiap cell yang mengandung hyperlink. Cara ini tidak akan merepotkan jika jumlah cell yang mengandung hyperlink tidak banyak. Dan jika yang kita hadapi adalah worksheet dimana banyak cell-cell yang mengandung hyperlink, cara di atas tentu akan merepotkan dan memakan waktu cukup lama. Jadi kita perlu mencari cara alternatif untuk membuang hyperlink-hyperlink tersebut.

Cara alternatif yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan makro (VBA). Buka Tools > Macro > Visual Basic Editor atau dengan shortcut Alt+F11. Pada Visual Basic Editor, buat module baru dengan cara Insert > Module, kemudian ketikkan kode berikut:

Sub RemoveHyperlinks()
ActiveSheet.Hyperlinks.Delete
End Sub

Kembali lagi ke Microsoft Excel (Alt+Q). Buka Tools > Macro > Macros.. (Alt+F8). Pada dialog box yang muncul pilih nama makro yang tadi kita ketikkan yaitu RemoveHyperlinks, dilanjutkan dengan mengklik tombol Run, maka makro tersebut akan membuang semua hyperlink yang ada pada worksheet yang aktif.

Meletakkan Elemen di Tengah Halaman Web

Published Date February 14, 2007 by maseko

centering

Tugas praktikum web, salah satunya adalah membuat halaman web dengan elemen diletakkan di tengah baik horizontal maupun vertikal, pada resolusi layar berapapun, begitu juga ketika window diresize. Selain itu, pengaturan letak menggunakan style pada file lain serta dapat tampil baik pada semua browser, setidaknya Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Tambahannya, harus dapat diakses cepat.

Berhubung lupa, jadi googling mencari pengaturan CSS untuk masalah ini, akhirnya menemukan tutorial di Alsacreations, langsung dicoba dengan menampilkan blok yang berisi image-image dari Image Chef (setelah melihat di postingan Enda). Pengecekan validator menyatakan valid. Hasilnya dapat dilihat pada halaman ini.

Menjaga Format Data Excel Tetap dalam Operasi Mail Merge Word

Published Date January 15, 2007 by maseko

data

Image di atas adalah contoh data dalam Microsoft Excel yang akan digunakan sebagai sumber data dalam mail merge Microsoft Word. Masing-masing cell sudah diformat sesuai dengan yang ditampilkan. Bagaimana agar format data tersebut juga tetap terjaga ketika diterima oleh dokumen Word?

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami, ketika data tersebut dijadikan sumber data dalam mail merge Word, format data dalam dokumen menjadi tidak seperti yang ditampilkan dalam Excel.

dokumen1

Agar format data Excel tetap terjaga sampai dengan ketika digunakan dalam Word, pertama kita atur Word dengan memilih ToolsOptions… Pada tab General, beri centang pada Confirm conversion at Open .

option

Setelah itu lakukan langkah-langkah proses mail merge seperti biasa sampai pada tahap memilih file Excel yang akan dijadikan sumber data. Setelah memilih file Excel yang dimaksudkan, akan muncul kotak konfirmasi sumber data, dan pilihlah MS Excel Worksheets via DDE (*.xls) dan klik OK.

confirm-data-source

Selanjutnya pilihlah nama range yang sudah didefinisikan pada Excel atau memilih Entire Spreadsheet.

select-name-or-range

Kita dapat melihat pada kotak Mail Merge Recipients yang muncul, data-data terformat seperti pada Excel.

mail-merge-recipients

Begitupun setelah merge field sudah disisipkan pada dokumen, datanya terformat seperti pada Excel.

dokumen2

Dengan mengubah format data pada Excel, hasilnya data yang ditampilkan pada Word akan ikut berubah. Ini dapat digunakan sebagai sarana mengupdate format data yang diinginkan.

Hal lainnya, ketika kita membuka file dokumen Word tersebut, akan muncul kotak berisi pertanyaan seperti di bawah.

information

Agar dokumen mail merge dapat berfungsi, maka kita harus memilih Yes.

Leave a comment


  • None
  • No comments yet

Categories